Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGHEMATAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Cibungur 3 Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang)

Priyanti, Ara (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGHEMATAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Cibungur 3 Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PENGHEMATAN ENERGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu bagaimana peningkatan hasil belajar siswa di kelas VI SDN Cibungur 3 pada materi penghematan energi dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan bagaimana aktivitas belajar dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Cibungur 3 pada materi penghematan energi. Adapun subjek penelitian ini dengan jumlah siswa 41 orang. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi (pilihan ganda), lembar observasi aktivitas guru dan siswa, catatan lapangan, dan wawancara. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning aktivitas belajar siswa meningkat. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat dilihat dari setiap siklus adalah sebagai berikut, pra siklus yang memenuhi nilai KKM hanya 34,15%, sedangkan 65,85% belum mencapai ketuntasan dalam belajar. Pada siklus I siswa yang memenuhi KKM yaitu, 53,7%, sedangkan 46,3% belum tuntas. Pada siklus II siswa yang memenuhi KKM 92,7%, sedangkan 7,3% belum tuntas. Selain hasil belajar siswa meningkat, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus pertama aktivitas siswa yang mencapai indikator keberhasilan yaitu 18,3%, sedangkan pada siklus kedua aktivitas siswa yang mencapai indikator keberhasilan mencapai 88%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning hasil dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN Cibungur 3 meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendricipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorRahman Hakim, Zerry198003312010121002
Additional Information: This study includes two formulation of the problem, namely how to improving student learning outcomes in grade VI SDN Cibungur 3 in the material energy savings by using a model of discovery learning and how learning activities using discovery learning model in improving student learning outcomes Class VI SDN Cibungur 3 on energy saving materials. The subject of this study the number of students 41 people. Data collection tools in the form of test evaluation (multiple choice), activity observation sheet teachers and students, field note, and interview. This study was conducted by two cycles. Every cycle there are two meetings. The results showed that after learning science by using discovery learning model increases student learning activities. The value of student learning outcomes also experienced an increase can be seen from every cycle is as follows, pre-cycle that meets the KKM only 34,15%, while 65,85% have not achieve mastery in learning. In the first cycle of students who meet the KKM is 53,7%, while 46,3% have not completed. In the second cycle students who meet the KKM 92,7%, while 7,3% have not completed. In addition learning outcomes of students increased, activity of student also experienced an increase. In the first cycle of activity of students who achieve success indicator reached 18,3%, while in the second cycle of activity of students who achieve success indicator reached 88%. Based on the results of the analysis, it can be concluded that by using discovery learning model outcomes and learning activities of students in science subjects in class VI SDN Cibungur 3 increases.
Uncontrolled Keywords: discovery learning model, science studies, learning outcomes.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:03
Last Modified: 24 Aug 2022 09:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12560

Actions (login required)

View Item View Item