Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP

NURPADILAH RUKMANA, SITI (2014) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (11MB)

Abstract

This research is motivated by the lack of comprehension of mathematical concepts and dispositions students primarily related to early mathematical concepts students at one junior high school in Tangerang Regency. Therefore, applying discovery learning in studies. Because this method can improve the ability of understanding mathematical concepts and dispositions of students. This study aims to determine whether the final achievement and increase the ability of understanding mathematical concepts and dispositions of students who received learning with discovery learning is better than the students who obtain the cooperative learning. The method used in this study was a quasi-experimental method with cluster sampling, obtained an experimental class and a control class. The instrument used is the ability to test students 'understanding of concepts and instruments in the form of non-scale test students' mathematical dispositions. The results of research and descriptive and inferential statistical test to the conclusion that the ultimate achievement and increase the ability of understanding mathematical concepts and dispositions experimental class students better than the control class.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNindiasari, Hepsi197803212005012002
Thesis advisorJaenudin, Jaenudin197901072009121003
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa terutama berkaitan dengan konsep awal matematis siswa pada salah satu SMP di Kabupaten Tangerang. Oleh karena itu, diterapkanlah pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing, metode ini dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, didapat satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman konsep siswa dan instrumen non tes berupa skala disposisi matematis siswa. Hasil penelitian dan uji statistik deskriptif serta inferensial memberikan kesimpulan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Disposisi Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep, dan Metode Penemuan Terbimbing. Keywords: Discovery Learning, Mathematical Disposition, and Understanding Capability Concept
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 15:11
Last Modified: 13 Apr 2022 15:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item View Item