Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

KHOLIDAH, IDA (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMA~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan pentingnya kemandirian belajar siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa adalah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have. Strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have merupakan strategi untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya, yaitu dengan menekankan pada siswa untuk aktif, menyatukan pendapat dan mengukur sejauh mana siswa memahami pelajaran melalui pertanyaan tertulis. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan soal berbentuk uraian sebanyak 4 soal dan skala kemandirian belajar siswa sebanyak 20 butir. Data skor hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan peningkatannya yang mendapatkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa serta kemandirian belajar siswa dan peningkatannya yang mendapatkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have lebih baik daripada pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Thesis advisorASIH VIVI YANDARI, INDHIRA196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 15:07
Last Modified: 13 Apr 2022 15:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12557

Actions (login required)

View Item View Item