KHOLIDAH, IDA (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMA~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan pentingnya kemandirian belajar siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa adalah Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have. Strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have merupakan strategi untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya, yaitu dengan menekankan pada siswa untuk aktif, menyatukan pendapat dan mengukur sejauh mana siswa memahami pelajaran melalui pertanyaan tertulis. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data penelitian menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan soal berbentuk uraian sebanyak 4 soal dan skala kemandirian belajar siswa sebanyak 20 butir. Data skor hasil belajar dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan peningkatannya yang mendapatkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa serta kemandirian belajar siswa dan peningkatannya yang mendapatkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have lebih baik daripada pembelajaran biasa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have, Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar Siswa. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 15:07 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 15:07 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12557 |
Actions (login required)
View Item |