Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI SERANG 20 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pokok Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi Transportasi)

PURNAMASARI, HERLINA (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI SERANG 20 (Penelitian Tindakan Kelas Pada Materi Pokok Perkembangan Teknologi Produksi Komunikasi Transportasi). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE RESITASI PADA MATA PELAJARAN IPS DI KEL.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang menarik bagi siswa karena dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja dalam menyampaikan materi sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode resitasi dalam pembelajaran IPS, untuk mengetahui respon dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan konsep perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh : 1) aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPS menggunakan metode resitasi meningkat. 2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada pra siklus rata-rata nilai siswa 63,87 sedangkan pada siklus 1 rata-rata nilai menjadi 72 dan pada siklus ke 2 hasil belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 80.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA197901092005011002
Additional Information: Background This study was based on a learning process that is carried out by teachers is less attractive to students due to the teacher in the learning process only uses the lecture method alone in presenting the material so that the effect on student learning outcomes is low. The purpose of this study was to determine the application of the method of recitation in learning social studies, to evaluate the response and student learning outcomes in social studies with the concept of the development of production technologies of communication and transportation. Implementation of this research was conducted in two cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The results showed that: 1) the activities of teachers and students in the learning process using the method of recitation increased IPS. 2) increased student learning outcomes in the pre-cycle average student scores 63.87 while in cycle 1 to cycle to 72 and the 2 learning outcomes of students increased to 80
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Metode Resitasi, hasil belajar, aktifitas guru dan siswa kelas IV
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:03
Last Modified: 16 Aug 2022 09:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12556

Actions (login required)

View Item View Item