Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN Ciinjuk 2 Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang)

HAMIDAH, INAS (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN Ciinjuk 2 Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGAR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN Ciinjuk 2. Penelitian ini dilaksanakan pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai Mei dan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 36 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus 1, aktivitas siswa mencapai 67% pada pertemuan I dan 94% pada pertemuan II. Pada siklus 2, aktivitas siswa meningkat mencapai 87% pada pertemuan I dan 100% pada pertemuan II. Hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu >90%. Peningkatan hasil belajar siswa yang telah memenuhi standar KKM, pada siklus 1 meningkat menjadi 53% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 81%, hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu >80%. Berdasarkan hasil penelitian dalam setiap siklus menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SDN Ciinjuk 2.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNurhasanah, Ana19740182006042009
Thesis advisorRahman Hakim, Zerri198003312010121002
Additional Information: The purpose of this research is to improve the learning outcomes of social science by using cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) in grade five public elementary schools Ciinjuk 2. The research was conducted on the material preparation of Indonesia's independence and basic formulation of country. When the study was conducted from March to May and the subject of this study is the fifth-grade students consisting of 36 students. The method used in this research is classroom action research. This study was conducted by two cycles and each cycle consists of four phases: planning, action, observation and reflection. The results showed an increase in activity and student learning outcomes in each cycle. In cycle 1, student activities reached 67% in the first meeting and 94% in the second meeting. In cycle 2, the activities of students increased to 87% in the first meeting and 100% at the second meeting. This is in accordance with the indicators of success that has been established which is> 90%. Improving student learning outcomes that have met the standard criteria for completeness minimal KKM, in cycle 1 increased to 53% and in the second cycle increased to 81%, this was in accordance with the indicators of success that is> 80%. Based on the study results in each cycle show that the cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) in the fifth grade of elementary school students nation Ciinjuk 2
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Hasil belajar, Pembelajaran IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:16
Last Modified: 16 Aug 2022 09:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12553

Actions (login required)

View Item View Item