Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Serang 20 Kota Serang-Banten

ANISAWATI, ANISAWATI (2014) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Serang 20 Kota Serang-Banten. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KOPERASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada konsep koperasi dan aktivitas siswa yang kurang pada proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena kurang variatifnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru di kelas. Metode ceramah menjadi satu�satunya metode yang sering digunakan guru ketika menyampaikan pembelajaran di kelas. Sehingga siswa hanya bersikap sebagai pendengar tanpa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Serang 20 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrument yang digunakan adalah tes, observasi, dan wawancara. Adapun hasil dari penenlitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus ketuntasan belajar siswa hanya 31% dengan persentase aktivitas belajar siswa 45%. Kemudian pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 58,9% dan persentase aktivitas belajar siswa 60%. Akan tetapi hasil pembelajaran pada siklus I ini belum mencapai indikator keberhasilan penelitian yang diharapkan yaitu 85%. Sehingga akhirnya peneliti melanjutkan penelitian sampai siklus II. Pada siklus II tejadi peningkatan kembali pada ketuntasan belajar siswa yaitu menjadi 97,4% dan aktivitas belajar siswa 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171981031003
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012002
Additional Information: This research is motivated by the problem is a low of student learning result on the concept of cooperative and student activity who less in the learning process. This is because a less variant of teaching methods who used by teachers in the classroom. Lecture method to be the only method that is often used by teachers when delivering learning in the classroom. So students just being a listener without actively involved in the learning process. Therefore, to overcome these problems, researchers used a cooperative learning type jigsaw. The subjects of this research is the 4th grade students of SDN 20 Serang. The research method who used is classroom action research using a of Kemmis and Mc Taggart. This research carried out during 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings. The instrument used was a test, observation, and interviews. The result of this research is learning outcomes and student activities have increased. In the pre-cycle mastery learning students only 31% with the percentage of student learning activities 45%. Then on the first cycle mastery learning students increased to 58.9% and the percentage of students learning activity 60%. However, the results of this study in the first cycle has not yet reached the expected success indicators research is 85%. So finally researchers continue to study the second cycle. In the second cycle happens an increase in return on mastery learning students that became 97.4% and 100% of student learning activities. The study concluded that learning by using a cooperative learning type jigsaw can improve learning outcomes and student activity
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:16
Last Modified: 16 Aug 2022 09:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12552

Actions (login required)

View Item View Item