Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VII di SMP Negeri 21 Kota Serang)

PUNGKY ERNAWAN, DANNY (2014) PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VII di SMP Negeri 21 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN MOTIVASI BELA~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kurangnya motivasi belajar siswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran untuk mengatasinya, salah satunya ialah penerapan strategi pembelajaran giving question and getting answer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi giving question and getting answer lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode tanya jawab; (2) Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi giving question and getting answer lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode tanya jawab; (3) Bagaimana motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi giving question and getting answer.Penelitian ini dilaksanakan pada salah satu SMP Negeri Kota Serang dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen non-equivalent control group desain dengan populasi seluruh siswa kelas VII dimana pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi giving question and getting answer lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode tanya jawab; (2) Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan strategi giving question and getting answer lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode tanya jawab; (3) Siswa mempunyai motivasi yang sangat kuat/tinggi terhadap pembelajaran matematika dengan strategi giving question and getting answer

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Thesis advisorFAKHRUDIN, FAKHRUDIN197807192010121001
Uncontrolled Keywords: Strategi Giving Question And Getting Answer, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 15:02
Last Modified: 13 Apr 2022 15:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item