Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

MARDIYAH, RENI (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Panongan yang masih bersifat hafalan rumus-rumus sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa. Hal tersebut disebabkan karena dalam belajar matematika tidak hanya sekedar menghafal, namun juga harus memahami konsep-konsepnya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan agar terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran picture and picture. Seperti halnya dengan tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan metode pembelajaran picture and picture dengan siswa yang tidak mendapatkan metode pembelajaran picture and picture serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan metode pembelajaran picture and picture dengan siswa yang tidak mendapatkan metode picture and picture. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Panongan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan VIII E sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan intrumen tes pemahaman konsep matematis siswa yang berbentuk soal uraian. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembeajaran picture and picture dengan siswa yang tidak mendapatkan pembelajaran picture and picture (pembelajaran konvensional) dan 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembeajaran picture and picture dengan siswa yang tidak mendapatkan pembelajaran picture and picture (pembelajaran konvensional).

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFathurrohman, Maman198209252006041001
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Picture and Picture, Kemampuan Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 15:02
Last Modified: 13 Apr 2022 15:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12550

Actions (login required)

View Item View Item