Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA HARIAN MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS V SD NEGERI SECANG SERANG Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Secang Serang, Kota Serang

Dwi Rahayu, Risnawati (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA HARIAN MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI DI KELAS V SD NEGERI SECANG SERANG Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Secang Serang, Kota Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS CERITA HARIAN MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Peneltian ini dilatarbelakangi karena kemampuan penguasaan materi menulis cerita harian pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM). Terkait materi menulis cerita harian, mereka mengatakan bahwa masih belum mengerti dan memahami tentang apa yang akan ditulis berdasarkan cerita guru tanpa menggunakan media pembelajaran. Siswa dipaksa untuk menggunakan imajinasinya dalam proses belajar mengajar dengan cara pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dan 2 kali tes. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu hasil belajar dan data aktivitas siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. . Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Secang Serang tahun pembelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang berarti dari hasil belajar yang diperoleh siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil skor yang terus meningkat pada siklusnya serta presentase ketuntasan belajar. Hasil penilaian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 76% siklus II memperoleh ketuntasan belajar yaitu 82% . hasil aktivitas yang diperoleh pada siklus I yaitu 68% dengan kategori baik dan pada siklus II yaitu 82 %dengan kategori baik sekali. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar berseri pada materi menulis cerita harian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Secang Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, Odien197612222002121001
Thesis advisorSolihatumilah, Elih195903291982012002
Additional Information: This study was conducted to improve learning outcomes in Indonesian primary schools. This research is motivated because of the ability to master the material to write daily stories on Indonesian subjects still had not reached the minimum completeness criteria (KKM). Related material writing daily stories, they say that they do not understand and comprehend what the teacher will be written based on the story without the use of instructional media. Students are forced to use his imagination in the learning process by means of conventional learning. This study aims to determine the students' learning outcomes and activities of the Indonesian language learning by using media images glow. This study uses classroom action research (CAR), which carried out two cycles each cycle there are 2 meetings and 2 times the test. Each cycle includes planning, implementation, observation and reflection. Data collected through testing, observation sheets, interview, and documentation. The data obtained by the learning outcomes and student activity data to learning Indonesian. Sources of data in this study were fifth grade students of State Elementary School at Secang learning year 2014/2015. The results showed significant improvement of student learning results obtained, it can be seen from the score that continues to increase in the cycle as well as the percentage of mastery learning. Assessment results show an increase in cycle I gained mastery learning as much as 76% of the second cycle gain mastery learning, namely 82%. activity results obtained in the first cycle is 68% with a good category and the second cycle is 82% with both categories once. It can be concluded Indonesian learning by using media images beamed to the daily stories written material to improve learning outcomes fifth grade students of State Elementary School
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Media Gambar Berseri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:16
Last Modified: 16 Aug 2022 09:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12549

Actions (login required)

View Item View Item