Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN SECANG SERANG (Penelitian Tindak Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Secang Serang Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015)

Nurjanah, Novi (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN SECANG SERANG (Penelitian Tindak Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Secang Serang Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN SEC.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki hasil belajar matematika di sekolah dasar. Peneltian ini dilatarbelakangi karena kesulitan untuk menyelesaikan soal matematika materi perhitungan soal cerita. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang belum bisa menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan heuristik, dimana tahapan-tahapan penyelesaian soal yaitu: 1. Memahami masalah, 2. Membuat rencana solusi masalah 3. Menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan 4. memeriksa hasil yang diperoleh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan dan 2 kali tes. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan, angket, catatan lapangan,wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh yaitu hasil belajar dan data sikap siswa terhadap pembelajaran matematika. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Secang Serang tahun pembelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang berarti dari hasil belajar yang diperoleh siswa, hal ini dapat dilihat dari hasil skor yang terus meningkat pada siklusnya serta presentase ketuntasan belajar. Hasil penilaian menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebanyak 68% siklus II memperoleh ketuntasan belajar yaitu 93% . hasil sikap yang diperoleh pada siklus 1 yaitu 80% dengan kriteria kuat dan pada siklus 2 86% dengan kriteria sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan heuristik pokok bahasan operasi hitung materi soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Secang Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendricipta, Nana197901092005011002
Thesis advisorAsih, Indhira196906292003122001
Additional Information: This study was conducted to improve learning outcomes in elementary school mathematics. This research is motivated because of the difficulty to solve a math problem about the calculation of the story material. It has an impact on learning outcomes of students who have not been able to resolve the matter of the story. This study aims to determine the learning outcomes and student attitudes towards learning mathematics using a heuristic approach, where the stages of problem solving are: 1. Understanding the problem, 2. Make a plan 3. Solving the problem solution according to plan, and 4. check results obtained. This study uses classroom action research (CAR), which carried out two cycles each cycle there 3 times and 2 times the test meeting. Each cycle includes planning, implementation, observation and reflection. Data collected through tests, observations, questionnaires, field notes, interviews, and documentation. The data obtained by the learning outcomes and data students' attitudes toward learning mathematics. Sources of data in this study were fourth grade students of SDN Secang Serang 2014/2015 learning year. The results showed significant improvement of student learning results obtained, it can be seen from the score that continues to increase in the cycle as well as the percentage of mastery learning. Assessment results show an increase in cycle I gained mastery learning as much as 68% gain mastery learning second cycle is 93%. attitude results obtained in cycle 1 was 80% with strong criteria and in cycle 2 86% with a very strong criterion. It can be concluded study of mathematics by using a heuristic approach to the subject matter of the story material arithmetic operations can improve the learning outcomes of the fourth grade students of SDN Secang Serang
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar Matematika, Pendekatan heuristik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:17
Last Modified: 16 Aug 2022 09:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item