Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ROMIS (RODA MISTERI) PADA MATA PELAJARAN IPS Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Penancangan 2 Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015

Rachmawati, Evi (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ROMIS (RODA MISTERI) PADA MATA PELAJARAN IPS Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Penancangan 2 Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ROMIS ( RODA MISTE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkat aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media pembelajaran ROMIS (Roda Misteri) pada mata pelajaran IPS dengan materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi. Penelitian ini dilaksankan di kelas IV SDN Panancangan 2 dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini \adalah penelitian tindakan kelas (PTK), model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap sikulus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil aktivitas siswa sebesar 60% pada pertemuan pertama dan 75% pada pertemuan kedua dengan hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I sebesar 74,4%. Meningkat pada siklus II diperoleh hasil aktivitas sebesar 95% pada pertemuan pertama dan 100% pada pertemuan kedua dengan hasil belajar siswa diperoleh sebesar 100%. Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ROMIS (Roda Misteri) mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang19770801200501002
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203032006041004
Additional Information: The aims of this research to improve learning activity and cognitive learning students by using learning Media ROMIS (Mystery Wheels) on social science with content development of production technology, communication and transportation. This research are implemented on the class fourth in SDN Panancangan 2 amount of students in the classroom are 39 students. The method in this research is a classroom action research (CAR), a model Kemmis and Mc. Taggart. This research was conducted by two cycles and each cycle consisting of two meetings. This research consist of planning, implementing of the action, observating, and reflecting. The data collection techniques are using test, observation, interviews, and documentation. The result of this research on the first cycle is 60% on the first meeting and 75% on the second meeting with the students learning result obtained from the first cycle of 74.4%. the students came improve through second cycle it can be seen by the result 95% on the first meeting and 100% on the second meeting with the students learning result by 100%. The conclution of this research is media ROMIS (Mystery Wheels) was improve learning the activity and cognitive learning result of students.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : hasil belajar, media ROMIS (Roda Misteri) mata pelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:17
Last Modified: 15 Aug 2022 15:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12543

Actions (login required)

View Item View Item