Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Di SD Negeri Kukun Desa Parigi Kecamatan Cikande Kabupaten Serang)

PUTRI NOVITASARI, DIAN (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EVERYONE IS TEACHER HERE DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Di SD Negeri Kukun Desa Parigi Kecamatan Cikande Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI,.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan-temuan dalam proses pembelajaran IPS di kelas IV SD Kukun, yaitu guru belum optimal dalam berinovasi dan berkreativitas, serta peran guru yang cukup dominan sehingga siswa kurang terlibat dalam pembelajaran IPS. sedang belajar. Rendahnya aktivitas belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran everyone is teacher here. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 60% dan pada pertemuan 2 sebesar 73%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 80% dan pada pertemuan 2 sebesar 87%. Peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan data pra siklus 41 jumlah siswa hanya 16 siswa atau 39% yang mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus I meningkat menjadi 61% dan pada siklus II meningkat menjadi 83%. Hal ini sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Kukun

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerian, Adang195905171985031003
Thesis advisorTaufik, Taufik198309022009121004
Additional Information: This research background by the findings in the process of learning social studies in fourth grade Kukun elementary school, is the teacher has not been optimal in innovation and creativity, as well as the teacher role is fairly dominant that students are less involved in the social studies learning. The low student learning activity has an amount of impact on the outcome of student learning. The purpose of this research is to improve learning outcomes in social studies using learning method of everyone is teacher here. The method used in this research is Classroom Action Research (CAR). This study was conducted as two cycle, and each cycle consists of four stages: planning, acting, observation, and reflecting. The result showed an increase in activity and student learning outcomes in each cycle. Learning activities of students in the first cycle meeting of 1 by 60% and at the meeting of 2 by 73%. While in the second cycle meeting of 1 by 80% and at the meeting of 2 by 87%. Improving student learning outcomes is based on data pre-cycle of 41 the number of students only 16 students or 39% were able to met the Criteria for Completeness Minimal (CCM), in the first cycle increased to 61% and on the second cycle increased to 83%. This was accordance with the specified indicators of success is 80%. Based on the results of the study indicate that the use of the method Everyone Is Teacher Here can improve learning outcomes IPS fourth grade students Kukun elementary school.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil belajar IPS, Metode Everyone Is Teacher Here
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:17
Last Modified: 12 Sep 2022 10:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item