Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP YP 17-2 Kota Serang)

CIPTABUANA, LINGGAR (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP YP 17-2 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKTAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBER HEAD .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satunya adalah Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL )dengan Menggunakan Metode Number Head Together (NHT ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL ) dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2)Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL )dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3)Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL )dengan menggunakan metode NHT. Penelitian ini dilaksanakan di SMP YP 17-2 Kota Serang kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol non-ekivalen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL )dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2)Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3)Siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan metode NHT.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFATHURROHMAN, MAMAN198209252006041001
Thesis advisorFAKHRUDIN, FAKHRUDIN197807192010121001
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Metode Number Head Together (NHT), Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:44
Last Modified: 13 Apr 2022 14:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12529

Actions (login required)

View Item View Item