CIPTABUANA, LINGGAR (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL ) DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP YP 17-2 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN PENDEKTAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBER HEAD .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satunya adalah Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL )dengan Menggunakan Metode Number Head Together (NHT ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL ) dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2)Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL )dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3)Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL )dengan menggunakan metode NHT. Penelitian ini dilaksanakan di SMP YP 17-2 Kota Serang kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol non-ekivalen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL )dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2)Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan metode NHT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3)Siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan metode NHT.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Metode Number Head Together (NHT), Pemahaman Konsep. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 14:44 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 14:44 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12529 |
Actions (login required)
View Item |