Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Asih, Sri (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, sehingga dibutuhkan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, salah satunya adalah Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With a Question (LSQ). Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Madinatul Hadid Kota Cilegon semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 9 kelas, sampelnya yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen kelompok kontrol non-ekuivalen.Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket.Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak didapatkan thitung=2,614 > ttabel=1,670 menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode LSQ lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t satu pihak didapatkan thitung=2,362 > ttabel=1,670 menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan metode LSQ lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran biasa.Hasil penelitian menggunakan angket menunjukkan siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan metode LSQ.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Thesis advisorAsih VY, Indhira196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Learning Starts With a Question (LSQ),Pemahaman Konsep Matematis,Pembelajaran Aktif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:43
Last Modified: 13 Apr 2022 14:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12526

Actions (login required)

View Item View Item