Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

ROCHMATULLAH, TB RIZKI (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis diperlukan karena belajar matematika lebih banyak memerlukan pemahaman dari pada hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan Scientific melalui pembelajaran Problem Solving dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran Scientific di MTs Islamiyah Kubangkarees tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen, sampel diambil dua kelas dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan data pretest-postest, analisis data yang diuji yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji satu pihak (pihak kanan). Kesimpulan penelitian ini yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan Scientific melalui pembelajaran Problem Solving lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran Scientific. Sehingga pendekatan Scientific melalui pembelajaran Problem Solving bisa diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII MTs Islamiyah Kubangkarees.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Thesis advisorASIH VIVI YANDARI, INDHIRA196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan Scientific Melalui Pembelajaran Problem Solving.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:39
Last Modified: 13 Apr 2022 14:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12521

Actions (login required)

View Item View Item