Hardianti, Ela (2014) PENGGUNAAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA POKOK BAHASAN LUAS DAN VOLUME ( Penelitian Tindikan Kelas pada Siswa Kelas VI SDN SUKADALEM 2 ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN STRATEGI STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA PO~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam bentuk tulisan. Hal ini disebabkan karena kurangnnya penggunaan strategi pembelajaran yang bervariatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan strategi student facilitator and explaining. (2). Untuk meningkatkan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi student facilitator and explaining. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Analisis data pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis, angket dan catatan lapangan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi student facilitator and explaining. Pada siklus satu hasil tes mencapai 74,58 % kemudian pada akhir siklus kedua mencapai 84,16% sedangkan sikap siswa terhadap penggunan strategi student facilitator and explaining mencapai 84,87 % . Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa penggunaan strategi student facilitator and explaining dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kriteria sikap siswa sangat kuat.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Kemampuan komunikasi matematis, strategi student facilitator and explaining | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:13 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 11:25 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12517 |
Actions (login required)
View Item |