Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs NegeriAnyer)

Marlinda, Kusnia (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs NegeriAnyer). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP saat pembelajaran matematika sehingga diperlukan adanya suatu pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan yaitu teknik probing prompting dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pencapaian akhir kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan saintifik dengan teknik pembelajaran probing prompting lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan saintifik tanpa teknik pembelajaran probing prompting. Dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pendekatan saintifik dengan teknik probing prompting dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Anyer. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pencapaian akhir kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan saintifik dengan teknik pembelajaran probing prompting lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan saintifik tanpa teknik pembelajaran probing prompting.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPUJIASTUTI, HENI198208102008012016
Thesis advisorSUDIANA, RIA198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Probing, Prompting, Saintifik, Komunikasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:35
Last Modified: 13 Apr 2022 14:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12514

Actions (login required)

View Item View Item