Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sukajadi 1 Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang

SAFIDI, RISTO (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERTUKAR PASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Sukajadi 1 Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa serta aktivitas belajar siswa yang pasif pada pembelajaran IPS yang berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Sehingga agar dapat meninngkatkan kualitas hasil belajar IPS siswa dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran aktivitas belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan untuk meningkatkan hasil belajar IPS . Penelitian dilaksanakan di SDN Sukajadi 1 Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas IV. Metode dalam penelitian hasil yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi, dengan teknik analisis kualitatif dan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, hal tersebut ditandai adanya peningkatan rata-rata nilai siklus 1 adalah 63,08 dan siklus II adalah 87,50, sedangkan untuk ketuntasan belajar siklus I sebesar 46 % dan siklus II sebesar 100% dari keseluruhan jumlah siswa. (2) penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan memberikan kontribusi aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat sangat aktif sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model kooperatif teknik bertukar pasangan berhasil atau sangat aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDenny, Soetrisna195907281985111001
Thesis advisorJamaludin, Ujang197708012005011002
Additional Information: This research is motivated by the lack of understanding of students' learning social science that have an impact on student learning outcomes is low. So in order to improve the quality of learning outcomes of social science students with the use of cooperative learning model partner swapping technique. The purpose of this research is to gain an overview of the use of cooperative learning model couples exchanging techniques to improve learning outcomes of the social sciences. Research conducted at SDN Sukajadi 1 Pandeglang District of Carita. The subjects were 26 students of class IV. The method used is a Class Action Research conducted in two cycles. Data collected by tests and observation, analyzed by qualitative analysis and descriptive statistics. The results showed that (1) the use of cooperative learning model partner swapping techniques can improve student learning outcomes in social studies, it marked an increase in the average value of cycle 1 and cycle II was 63.08 is 87.50, but to complete learn first cycle of 46% and second cycle of 100%. (2) the use of cooperative learning model partner swapping techniques can improve student learning outcomes in social studies known from activity students in the following study looks increasingly less active, fairly active and very active.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil belajar IPS. Model pembelajaran kooperatif teknik bertukar pasangan. Siswa kelas IV
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:13
Last Modified: 15 Aug 2022 10:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item