Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Ciruas 3 Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang

Wida Rumi, Isti (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Ciruas 3 Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar (SD). Pembelajaran IPS di SD umumnya berpusat pada guru dengan penggunaan metode yang tidak bervariatif. Keaadan tersebut menyebabkan siswa tidak berpartisipasi aktif, melakukan aktivitas yang tidak berkaitan dengan pembelajaran dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Ciruas 3 Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan tes dan observasi, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I di pertemuan pertama yaitu 43% dan pertemuan kedua 63% . Pada siklus II di pertemuan pertama dan kedua mengalami peningkatan yaitu mencapai 88% dan 100%. Dengan demikian aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran semakin meningkat. Sedangkan (2) hasil belajar meningkat dengan nilai rata-rata 68,44 pada siklus I, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,11. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran tipe snowball throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203002006041004
Thesis advisorTaufik, Taufik198309022009121004
Additional Information: The research is carried out because of the problems that occur in learning social studies in elementary school. Social studies learning in elementary school are usually centered on teacher and method of learning is lack varied. This condition caused the students not participating actively during lesson, doing activities which not related to the lesson and student's learning outcome is low. The purpose of this research is to increase student’s learning activity and student’s learning outcome. The research is done at Ciruas 3 State Elementary School. The subjects of this study are 30 students at fifth grade. The method of teaching is using classroom action research in two cycles. The data collected by tests and observations, and then analyzed by qualitative analysis and descriptive statistics. The results showed that (1) Student’s activity in learning on the first cycle is 43% on first meeting and 63% on second meeting. On the second cycles the student’s activity in learning increased to 88% on first meeting and 100% on second meeting. While (2) the use of cooperative learning model snowball throwing models can improve learning outcomes with an average value of 68.44 in the first cycle, and increase in the second cycle became 85.11. Thus the use of cooperative learning model type snowball throwing is able to increase student’s activity in learning and learning outcome.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil belajar, Model pembelajaan kooperatif, tipe Snowball Throwing, Penelitian Tindakan Kelas, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:13
Last Modified: 15 Aug 2022 10:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12509

Actions (login required)

View Item View Item