Zulia Wike, Siti (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Banjarmasin II Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang- Banten. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TGT UNTUK MENINGKATKAN HASI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan memenuhi pencapaian persentase Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2013 di SDN Banjarmasin II Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 48 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen berupa soal tes pilihan ganda, lembar observasi guru dan siswa serta catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata- rata pada siklus I yaitu 61,87 dan pada siklus II yaitu 70,83. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan maksimal yaitu 62,5% dan sedangkan siklus II siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan maksimal yaitu 81,25%. Berdasarkan analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The entitled of this research is utilization cooperative learning by complete the minimal finishing chriteria(KKM) by learning process of science,with using cooperative learning metode Teams Games Tournament tyoe.This research began in November 2013 at SDN Banjarmasin II Carita – Pandeglang by the subjek student research class IV which amount 48 student. Instrument of the research using multype choice test,presentage result observation page of the teacher and presentage student activities in every cycles. Result of the research indiceted up to the student learning by cyclus I to cyclus II. And the result in cyclus I is 61,87 and writh cyclus II 70,83. And presentage completeness of students learning cyclus I is student whichgover the criteria maximal presentage until 62,2% and where ar cyclus II student which cover criteria maximal 81,25% and then could concluded that writh using utilization cooperative learning model TGT, could be improved the result of student. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Model Pembelajaraan kooperatif tipe Team Games Tournament. Hasil Belajar IPA. Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:13 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 10:45 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12508 |
Actions (login required)
View Item |