Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sirih Lor Kecamatan Anyer Kabupaten Serang)

Destiviani, Euis (2014) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Sirih Lor Kecamatan Anyer Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE SEBAGAI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur pelaksanaan melalui dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari: (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan(Acting), (3) Observasi (observing,) (4) Refleksi (Reflecting). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar soal tes, lembar aktivitas siswa, pedoman wawancara, dan dokumentasi untuk mengukur Hasil Belajar Siswa. Penggunaan model pembelajaran Concept Sentence pada mata pelajaran IPS di kelass IV SD Negeri Sirih Lor dapat meningkatkan ativitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (69%) dengan kategori “Cukup” meningkat sebesar 21% pada siklus II menjadi (90%) dengan kategori “Sangat Baik”. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai (48,2%) meningkat sebesar 37,8 pada siklus II menjadi (86%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Concept Sentence dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
TranscriberDamanhuri, Damanhuri198203002006041004
Thesis advisorSari Dewi, Ratna198105052005012001
Additional Information: The purpose of this research is to increase the activity and student learning outcomes in social studies using the learning model of Concept Sentence. The method that used in this research is a classroom action research. The implementation procedures has two cycles and each cycle consists of: (1) Planning (Planning), (2) Implementation (Acting), (3) Observation (observing), and (4) Reflection (Reflecting).The instruments in this study is using the test, student activity sheet, interview, and documentation for measuring the results. Theuse of learning model of Concept Sentencein social studies at4th grades of SDNSirihLor can increased the activity and student learning outcomes. It can be seen from the average of the students activity in the first cycle (69%) with the category of "Enough" increased by 21% in the second cycle becomes (90%) to the category of "Very Good’’.TheCompleteness of student learning outcomes in the first cycle reached (48.2%) increased by 37.8 in the second cycle becomes (86%). It can be concluded that the use of Sentence Concept models can increase the activity and student learning outcomes in social studies
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model pembelajaran Concept Sentence aktivitas dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:13
Last Modified: 15 Aug 2022 10:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item View Item