Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kadukacapi Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2013/2014)

Nurhayati, Ani (2014) PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kadukacapi Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang Tahun Ajaran 2013/2014). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN Kadukacapi melalui Model Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kadukacapi yang berjumlah 29 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika, peneliti dan teman sejawat. Kemampuan pemecahan masalah yang diukur dalam penelitian ini, yaitu: 1) memahami masalah, 2) membuat rencana, 3) menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan 4) menafsirkan hasil jawaban. Data pada penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara siswa dan tes siklus. Diperoleh hasil penelitian bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model NHT dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas IV pada pokok bahasan Operasi Hitung Campuran. Pembelajaran dimulai dengan menyajikan lembar permasalahan yang berisi masalah Operasi hitung campuran. Siswa secara berkelompok menyelesaikan masalah dengan cara berfikir bersama kelompok. Dalam pelaksanaanya guru berperan sebagai fasilitator. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyajikan hasil kerjanya dan mengomentari hasil kerja temannya. Pada akhir pembelajaran, siswa mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) secara berkelompok. (2) Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada tiap pertemuan. (3) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dapat dilihat dari hasil tes siklus 1 dan 2. Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematik pada siklus I sebesar 64,605, meningkat menjadi 77,00 pada akhir siklus II. (4) Persentase ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 51,72% menjadi 82,76% pada akhir siklus II

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih, Indihira196906292003122001
Thesis advisorTaufik, Taufik198309022009121004
Additional Information: This study aims to improve mathematical problem solving ability Kadukacapi Elementary School fourth grade students through the Cooperative Model types Numbered Head Together (NHT). The subjects were fourth grade students of SD Negeri Kadukacapi totaling 29 students. This research is Classroom Action Research (CAR) conducted collaboratively between a mathematics teacher, researcher and associate. Problem-solving ability as measured in this study, namely: 1) understanding the problem, 2) make a plan, 3) solve the problem according to plan, and 4) interpreting the answers. The data in this study were obtained through observation , interview students and test cycle. Obtained results of the study that: (1) The study of mathematics by NHT models can improve mathematical problem solving fourth grade students on the subject of Mixed Operation Count. Learning starts by presenting the problem sheet that contains a mixture of arithmetic operations problem. Students in groups to solve the problem with the way of thinking with the group. In practice the teacher acts as a facilitator. Teachers provide opportunities for students to present their work and comment on the results of his work. At the end of the lesson, students work on Student Worksheet (BLM) in groups. (2) Activities of teachers and students has increased at each meeting. (3) Improvement of mathematical problem solving ability of students can be seen from the results of the test cycles 1 and 2. Average mathematical problem-solving ability in the first cycle of 64.605, increasing to 77.00 at the end of the second cycle. (4) The percentage of mastery learning in classical increased from 51.72% to 82.76% at the end of the second cycle.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: NHT, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Operasi Hitung Campuran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:14
Last Modified: 15 Aug 2022 10:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12506

Actions (login required)

View Item View Item