Sofia Wardah, Annisa (2015) PENGGUNAAN MODEL ARIAS PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Nilai-nilai Perjuangan dalam Perumusan Pancasila Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Panancangan 1 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN MODEL ARIAS PADA MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas VI SDN Panancangan 1 pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS sehingga mencapai minimal 90 % untuk keaktifan peserta didik dan 65 sesuai dengan nilai KKM. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, setiap siklusnya mengadakan dua pertemuan. Setiap siklus dilakukan melalui empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengggunakan instrument tes, instrument observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik. Melalui diterapkannya model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Interest) menunjukan aktivitas dan hasil belajar meningkat. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar peserta didik 77% dan pada siklus II meningkat menjadi 98%. Hal sama dengan hasil belajar siswa yang mencapai tuntas 79,3% pada siklus I, meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Sehingga simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Panancangan 1
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research aims at improving both the learning activities and achievement of the sixth grade students at SDN Panancangan 1 on Civics subject by using ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Interest) learning model to reach minimum target of 90% of students’ active participation in learning activity and the score of 65 accordance to KKM scores. The research type was a classroom action research done within two research cycles in which there were two meetings in every cycle. Each cycle was conducted through four cycles; planning, implementing, observing, and reflecting. The instruments used to collect the data were the set of test, teacher’s activity observation sheet and students’ activity observation sheet. The research result showed that through the implementation of ARIAS learning model, the learning activity and achievement increased. The students’ learning activity average at the first cycle was 77% and it increased into 98% at the second cycle. Moreover, the students’ learning achievement average increased from 79,3% at the first cycle into 81,25% at the second cycle. The conclusion that can be drawn from this research is that ARIAS learning model can improve students’ learning activity and achievement at Civic Education subject at the sixth grade of SD Negeri Panancangan 1. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Model ARIAS, Mata Pelajaran PKn, Hasil Belajar. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:14 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 10:27 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12503 |
Actions (login required)
View Item |