Sri Herdianti, Euis (2015) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JUAL BELI DI KELAS III SDN CIKUPA VI (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Cikupa VI Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING SEBAGAI UPAYA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, guru tidak menggunakan metode yang tepat untuk materi pembelajaran tertentu dan cara penyajian yang kurang menarik sehingga membuat siswa kurang meminati dalam belajar IPS dan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode role playing. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada setiap siklusnya terdapat peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus pertama hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71,15 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 73,1%, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa naik mencapai rata-rata sebesar 80,4 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan pokok bahasan jual beli di kelas III SDN Cikupa VI.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This research is motivated by the low student learning outcomes caused by learning which is still conventional, teachers do not use appropriate methods for specific learning material and presenting a less attractive manner so as to make students less interested in learning IPS and low student learning outcomes. The purpose of this study to describe the activity and learning outcomes of students in learning by using role playing. This study uses a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Techniques of data collection in this study using a multiple-choice objective test conducted at the end of each cycle. Based on the research conducted on each cycle there is improving student learning outcomes, in the first cycle of learning outcomes of students scored an average of 71.15 with the percentage indicator of success of 73.1%, while in the second cycle of learning outcomes of students rose to an average of amounting to 80.4 with the percentage indicator of the success of 100%. The conclusion of this study stated that the method of role playing can improve student learning outcomes in learning IPS to the subject of buying and selling in class III SDN Cikupa VI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Metode Role Playing, Hasil Belajar Siswa, Pokok Bahasan Jual Beli | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:14 | |||||||||
Last Modified: | 15 Aug 2022 10:21 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12501 |
Actions (login required)
View Item |