Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

"PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KEBONDALEM Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kebondalem Kecamatan Purwakarta Cilegon – Banten"

Luciani P., Indah (2014) "PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KEBONDALEM Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kebondalem Kecamatan Purwakarta Cilegon – Banten". S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Penggunaan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS ke.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kebondalem dengan menerapkan metode bermain peran atau Role Playing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas kelas IV sebanyak 26 orang. Objek penelitiannya adalah metode pembelajaran Role Playing. Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dan juga lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 66,6%. Pada siklus II ada peningkatan sebanyak 30% yaitu diperoleh sebanyak 96,6%. hasil belajar siswa pada prasiklus dengan rata-rata 59. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan metode pembelajaran Role Playing mengalami peningkatan rata – rata menjadi 66,9. Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat menjadi 90 dengan rata-rata nilai 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuri198203002006041004
Thesis advisorSholih, Sholih196006141987020002
Additional Information: This study aims to improve learning outcomes of social sciences Elementary School fourth grade students Kebondalem by applying the method to play a role or role playing. The research method used was action research (PTK) was performed in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects in this study were fourth grade class as many as 26 people. The research object is a Role Playing learning method. Instrument used was a test of learning outcomes in the form of multiple-choice questions that have been tested for validity and reliability and also the observation sheet for observation of student learning activities and teacher activities, interviews and documentation. From the results of the research data showed the average value of student learning activities in a first cycle was 66 % and second cycle there is an increase of 30% are obtained as much as 96%. Student learning outcomes in prasiklus with an average of 59. Whereas in the first cycle by applying the learning method Role Playing increased average - average becomes 66.9. While the average value in the second cycle increased to 90 with an average value of 90. Thus it can be concluded that the role playing method can improve student learning outcomes.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar IPS, metode pembelajaran Role Playing, Penelitian Tindakan Kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:14
Last Modified: 15 Aug 2022 10:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12499

Actions (login required)

View Item View Item