Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Al Hidayah)

RAHAYU FAHMA HARTATI, SILVIA (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTs (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Al Hidayah). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BERBANTUAN LKS OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Pembelajaran matematika cenderung pada pemberian rumus dan soal-soal rutin yang tidak terlalu melihat langkah-langkah siswa dalam menemukan jawaban membuat siswa menjadi takut ketika berhadapan dengan soal-soal non rutin. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunkan pendekatan saintifik dengan berbantuan LKS open-ended. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifik dengan berbantuan LKS Open-ended dan pendekatan saintifik, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan statistik inferensial untuk data pretest, posttest, dan normal gain. Analisis data yang digunakan adalah uji liliefors utuk menguji normalitas, uji F untuk menguji homogenitas, uji t dua pihak untuk menguji perbedaan rata-rata kemampuan awal siswa, serta uji t pihak kanan untuk menguji hipotesis I dan hipotesis II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan berbantuan LKS open-ended lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan saintifik, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan berbantuan LKS open-ended lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Thesis advisorIHSANUDIN, IHSANUDIN197902162010121001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah matematis, pendekatan saintifik, LKS Open-ended
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:26
Last Modified: 13 Apr 2022 14:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item View Item