Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA PHOTO STORY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA AL-KHAIRIYAH 4 CILEGON

VERAWATI, FANI (2015) PENGGUNAAN MEDIA PHOTO STORY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA AL-KHAIRIYAH 4 CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA PHOTO STORY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA AL-KHAIRIYAH 4 .PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Terdapat beberapa faktor yang menghambat siswa dalam proses menulis cerpen, yaitu media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa dan sulit untuk dipahami, sehingga siswa kurang mampu mengembangkan imajinasi dan pola pikirnya. Oleh kerena itu, dalam penelitian ini peneliti menggunakan media photo story untuk menunjang kreativitas siswa dalam menulis, khusunya menulis cerpen. Maka penelitian ini diberi judul “Penggunaan Media Photo Story Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media photo story siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon?; (2) Bagaimanakah kemampuan menulis cerpen secara konvensional siswa kelas siswa kelas XI SMA Al�Khairiyah 4 Cilegon?; (3) Bagaimanakah perbedaan antara kemampuan menulis cerpen dengan menggunanakan media photo story dengan pembelajaran secara konvensional?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media photo story siswa kelas XI SMA Al�Khairiyah 4 Cilegon; (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen secara konvensional siswa kelas siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon; (3) Untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan menulis cerpen dengan menggunanakan media photo story dengan pembelajaran secara konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttes�Only Control Design yaitu penelitian dengan menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan menggunakan rumus uji t. hasil penelitian ini menemukan bahwa media photo story mempunyai hasil yang baik dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas XI SMA Al-Khairiyah 4 Cilegon. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rataposttest di kelas eksperimen adalah 77,21 dan nilai rata-rata posttest di kelas kontrol adalah 58,42. Berdasarkan perhitungan dengan tumus t , diperoleh hasil thitung adalah 6,89, sedangkan ttabel dengan taraf signifikasi 5% adalah 1,6801. Jadi, . Artinya, media photo story memberikan hasil yang baik dalam kemampuan menulis cerpen siswa dan dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran menulis

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJuansah, Dase Erwin197707262003121001
Thesis advisorSupena, Ahmad197804232008011010
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Menulis, Cerpen, Media, Photo story
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:09
Last Modified: 05 Aug 2022 08:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12488

Actions (login required)

View Item View Item