Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif Kelompok B Mercusuar Tangerang)

Priskila S, Ruth (2015) PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Kualitatif Kelompok B Mercusuar Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK USI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Ruth Priskila S The using of media flash card to improve children ability to learn about numbers concept for children aged 5 to 6 years old. Flash Card is kinds of picture with wolds or numbers with instresting picture, and many children like to play this old on can memorize all the words and play the card easier. Media flash card also become motivation for kindergarten children to learn, children can learn fast and can motivation them to learn about numbers and words. This research using qualitative method for kindergarten aged 5 to 6 years old with children amount thirty the purpose of this research is know the influence of using media flash card to improve children ability about numbers and words concept, and learning about numbers and words not only in the classroom but the important things children will feel happy and interest to learn, this research using accumulation about observation, interview and documentation. From the research we make the conclution about numbers, numbers is object who consist of numbers (double digits) from 1 to 10. Identification about math subject for kindergarten aged can do with kinds of shope colours, ways to count and arrdnge things by this games, we can improve their kognitif aspect abouth number concept. who have relation with trve things the model of games numbers symbol is basic for kindergarten to following the education.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorRosidah, Laily198005232006042041
Additional Information: Ruth Priskila S Penggunaan media flash card terhadap peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun. Flash Card adalah kartu bergambar yang dilengkapi kata-kata atau huruf yang menarik dengan warna-warni menyolok akan disukai anak agar menambah kata-kata dan mengingat dengan mudah. media flash card juga dapat diberikan kepada anak sebagai sebuah permainan mengenal huruf atau kata bagi taman kanak-kanak, karena sering kali ditemukan anak yang kurang memiliki minat dalam belajar matematika, dan adapun guru yang terkadang kurang memotivasi mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang di lakukan pada anak usia 5-6 tahun dikelas B dengan jumlah anak : 30 anak. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui pengaruh penggunaan media flash card terhadap peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 5- 6 tahun. Proses pembelajaran dapat dilakukan bukan hanya didalam kelas yang penting anak akan merasa senang dan tertarik, dengan kegiatan proses belajar. penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara yaitu : 1). Observasi, (2). Wawancara, (3). Dokumentasi. Dan hasil penelitian diperoleh bahwa bilangan adalah suatu objek yang terdiri dari angka-angka (double digits) yaitu angka I dan 10. Pengenalan matematika pada anak usia dini dapat dilakukan dengan memperkenalkan bentuk, warna, cara berhitung, menyusun benda dan sebagainya. melalui permainan anak dapat meningkatkan aspek kognitif mengenal konsep bilangan. bilangan memiliki bentuk atau tampilan (representasi) yang saling berkaitan diantarannya benda nyata, model mainan, ucapan, simbol angka atau kata), karena bilangan merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan anak untuk pendidikan dasar.
Uncontrolled Keywords: anak-anak usia 5-6 tahun. Media Flash Card, Konsep Bilangan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:09
Last Modified: 22 Jul 2022 14:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12487

Actions (login required)

View Item View Item