Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MAJALAH FUNMAGZ SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS X PADA KONSEP FUNGI DI SMA NEGERI 3 KOTA SERANG

Mariam, Siti (2015) PENGGUNAAN MAJALAH FUNMAGZ SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS X PADA KONSEP FUNGI DI SMA NEGERI 3 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGGUNAAN MAJALAH FUNMAGZ SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAKELAS X PADA KONSEP FUNGI DI SMA NEGERI 3 ~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

This studies aimed to determine the effect of FunMagz magazine as a source of learning on learning outcomes students class X on the concept of Fungi in SMAN 3 Serang. This research was quasi-experimental that use randomized control group pretest-posttest design. The population in this research were all students of class X-Mia SMAN 3 Serang, with the study sample consisted of two classes, class X-Mia 6 as an experimental class and the class of X-Mia 5 as the control class. The sampling techniques conducted by random sampling. Data were collected using cognitive ability test with multiple choice, affective learning outcomes were measured by using a questionnaire while Psychomotor learning outcomes by using student observation sheet. The results showed on the experimental class, the average value of students' cognitive learning outcomes was 60 in the category enough, the average value of affective learning outcomes was 80.58 in good categories and psychomotor learning outcomes was 83.1 with the very high category. Based on the results of hypothesis analysis on the cognitive learning, affective and psychomotor showed the significant value (α) < 0,05, which means that H0 is rejected, so this study concluded that there was an influence of using FunMagz magazine toward student learning outcomes of students of class X on the concept of Fungi in SMAN 3 Serang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKhastini, Rida Oktorida198110282008012017
Thesis advisorHodijah, Siti Romlah Noer19790602006042016
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan majalah FunMagz sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada konsep Fungi di SMA Negeri 3 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan desain penelitian randomized control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-Mia SMA Negeri 3 Kota Serang, dengan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas, yaitu siswa kelas X-Mia 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-Mia 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk mengukur kemampuan kognitif siswa, angket untuk mengukur kemampuan afektif, dan lembar observasi untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 60 yang berada pada kategori cukup, nilai rata-rata hasil belajar afektif sebesar 80,58 pada kategori baik dan hasil belajar psikomotorik sebesar 83,1 dengan kategori tinggi sekali. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik masing�masing diperoleh nilai signifikasi kurang dari 0,05 maka H0 ditolak, dengan demikian hipotesis awal bahwa penggunaan majalah FunMagz sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada konsep Fungi di SMA Negeri 3 Kota Serang
Uncontrolled Keywords: Majalah FunMagz , Hasil belajar, konsep Fungi
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:09
Last Modified: 22 Jul 2022 11:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12485

Actions (login required)

View Item View Item