OCTAVIA, SOFWA (2015) PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Pokok Masalah Matematika di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Hujjaj, Grogol, Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGGUNAAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA MENINGKA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
The reseach’s background is caused by the low score in math and the media to improve the students learning process in SDIT AL-Hujjaj link Pabuaran. The purpose of this research is for improving student’s mathematic score throunh the using of the simple aids, so that the student’s responds can be increased. This research uses 31 students of the 3rd grade. The research methodology that the researcher use is Class Activity Research ( PTK ) that is held in two cycles (periods) based on Stephen Kemmis. The data research is collected by using student’s test and student’s activities observation. The result shows that in the first cyces, the student’s highest score is 80, the lowest is 10, so the persentase is 25% with indicator 80 % expected target. In the second cycles the students highest score is 100, the lowest is 20 the persentase is 80,06% with 80% completeness criteria. It means the expected indicator has been succeded. The result after the teaching process is the good category and the indicator reaches 75% of the minimum completeness criteria (KKM). It shows that the students mathematic score is increased through using of the simple teaching aids to improving study results
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini latarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika dan minimnya Penggunaan media dalam menunjang proses pembelajaran siswa kelas III SDIT AL-Hujjaj Link Pabuaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penggunaan alat peraga sederhana, sehingga keaktifan siswa dalam merespon pembelajaran dapat meningkat. Adapun subjek penelitian ini adalah 31 siswa kelas III. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada 2 siklus sesuai dengan Kemmis. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar siswa dan observasi aktivitas siswa. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 hasil belajar siswa nilai tertinggi 80, terendah 10 sehingga persentasenya adalah 25% dengan indikator ketuntasan yang diharapkan 80%, pada siklus II hasil belajar siswa nilai tertinggi 100, terendah 20 dengan persentase 80,06% dengan kriteria ketuntasan 80% yang berarti bahwa indikator keberhasilan yang diharapkan telah tercapai. Hasil tes sesudah proses pembelajaran tersebut tergolong kategori yang baik dengan indikator keberhasilan mencapai nilai KKM 75 %. Hal ini menunjukkan bahwa melalui alat peraga sederhana dapat meningkatkan hasil belajar. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Alat Peraga Sederhana, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 13:10 | |||||||||
Last Modified: | 20 Jul 2022 11:10 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12480 |
Actions (login required)
View Item |