Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MODEL PENJADWALAN DINAMIS MESIN PARALEL DENGAN SISTEM LELANG UNTUK MEMINIMASI WEIGHTED TARDINESS

OCTANATRY, DINA OCTANATRY (2014) PENGEMBANGAN MODEL PENJADWALAN DINAMIS MESIN PARALEL DENGAN SISTEM LELANG UNTUK MEMINIMASI WEIGHTED TARDINESS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MODEL PENJADWALAN DINAMIS MESIN PARALEL DENGAN SISTEM LELANG UNTUK MEMINIMASI WEIGHTED TARDINESS .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penjadwalan produksi merupakan hal yang harus diperhatikan dalam perusahaan, karena dengan penjadwalan yang baik akan membuat sistem produksi berjalan dengan lancar sehingga pelayananan terhadap konsumen dapat dilakukan dengan baik. Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi pipa baja las spiral dan longitudinal. Pipa baja las spiral diproduksi oleh mesin SPM 1800, SPM 2000 dan SPM 1200. Dimana mesin tersebut disusun paralel, sehingga setiap job hanya akan diproses pada salah satu mesin saja. Adapun yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah permasalahan kedinamisan sistem, dimana penjadwalan untuk pemesanan yang dilakukan oleh konsumen pada saat proses produksi telah berjalan tidak dapat dilakukan. Untuk itu penelitian ini bertujuan melakukan penjadwalan dinamis mesin paralel dengan sistem lelang (auction based) untuk meminimasi weighted tardiness dan membandingkan jadwal produksi baru dengan jadwal existing perusahaan. Model penjadwalan sistem lelang yang digunakan adalah model penjadwalan dengan modifikasi pada list scheduling. Pada penelitian ini metode Earlies Due Date digunakan sebagai perbandingan dengan hasil penjadwalan sistem lelang. Dari hasil penelitian didapat nilai weighted tardiness penjadwalan dengan sistem lelang sebesar 259, dengan metode EDD didapat weighted tardiness sebesar 435 dan pada jadwal perusahaan didapat weighted tardiness sebesar 415. Dari hasil analisa dapat diketahui bahwa penjadwalan sistem lelang adalah yang paling baik karena memberikan nilai weighted tardiness paling minimum diantara ketiga penjadwalan yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIlhami, M. Adha198010202006041004
Thesis advisorHerlina, Lely197710092005012002
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan Dinamis, Mesin Paralel, Sistem Lelang, Weighted Tardiness, Earliest Due Date (EDD)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:06
Last Modified: 18 Jul 2022 10:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12468

Actions (login required)

View Item View Item