Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME )DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa di Salah Satu Sekolah di Kota Serang Tahun Ajaran 2014-2015)

Damayanti, Yeni (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME )DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa di Salah Satu Sekolah di Kota Serang Tahun Ajaran 2014-2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)DENGAN PENDEKATAN SCIENTIF.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji pembelajaran pendekatan Realistic Mathematic Education terhadap pemahaman konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematik siswa dalam materi segiempat dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Kramatwatu. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak tujuh soal yang sesuai indikator pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) peningkatan dengan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMARETHI, INDIANA197903312005012001
Thesis advisorJAENUDIN, JAENUDIN197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME), Pendekatan Scientific, Kemampuan pemahaman konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 14:04
Last Modified: 13 Apr 2022 14:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

View Item View Item