MIFTAH MUBAROK, CECEP (2015) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen Di SMP Negeri 1 Cipeucang Tahun 2014). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRIDGING ANALOGY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika masih kurang, sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematisnya. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pendekatan Bridging Analogy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Bridging Analogy lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Bridging Analogy lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekatan Bridging Analogy. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Cipeucang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih dua kelas yang telah dipilih secara acak, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII I sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Bridging Analogy lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Bridging Analogy lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, sikap siswa dengan kriteria kuat terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan pendekataan Bridging Analogy. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka pendekatan Bridging Analogy dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dapat diterapkan di kelas.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Bridging Analogy, Pemahaman Konsep Matematis. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 13:56 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 13:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12463 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |