MAISAROH, MAISAROH (2015) HUBUNGAN MEMBACA SKIMMING DENGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISI TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMK NEGRI 1 ANYER TAHUN AJARAN 2014-2015. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
HUBUNGAN MEMBACA SKIMMING DENGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI ISI TEKS CERPEN PADA SISWA KELAS .PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan membaca cepat secara efektif, penerapan teknik membaca Skimming dalam memahami isi teks cerpen dan banyaknya siswa yang belum dapat membaca cepat secara efektif sesuai waktu yang diharapkan. Hal ini disebabkan siswa kurang dilatih untuk membaca cepat secara efektif oleh guru mata pelajaran, akibatnya kemampuan membaca siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara membaca Skimming dengan Kemampuan Memahami Isi Teks Cerpen. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMK Negri 1 Anyer, metode penelitan yang digunakan adalah metode korelasional, populasi dalam penelitian adalah siswa SMK Negri 1 Anyer, kemudian dilakukan Random Sampling, dan kelas yang terpilih untuk dijadikan sampel adalah kelas X TKJ-2 sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada korelasi positif dan signifikan antara Membaca Skimming dengan Kemampuan Memahami Isi Teks Cerpen siswa SMK Negri 1 Anyer kelas X TKJ2. Hal tesebut bisa dilihat dari hasil analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi ̂ = -1,766 + 0,084 X. Sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Lilitofers diperoleh (0,078) ≤ (0,161) . hal ini berarti sampel berdistribusi normal. Uji keberartian dan kekeliruan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi = 9,20 ≥ = 4,20 yang menyatakan regresi sangat berarti dan uji linearitas regresi yang menghasilkan = 0 ≤ = 2,45 yang menunjukan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji hipotesis dilakukan dengan rumus Product Moment yang menghasilkan sebesar 1,2 kemudian uji signifikansi dengan = 31,7 dan = 2,45 karena ≥ maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sigmifikan antara membaca Skiming dengan memahami isi teks cerpen. Perhitungan koefesien determinasi KD menghasilkan sebesar 1,44 hal ini berarti variasi variabel Y (memahami isi teks cerpen) dipengaruhi oleh variabel X ( membaca skiming).
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | membaca cepat, skimming, arsitektur cerpen, | |||||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 13:39 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 13:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12457 |
Actions (login required)
View Item |