Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen Untuk Kelas X SMA)

JAKIA RAJAK, DENDI (2015) PENERAPAN PENDEKATAN INVESTIGASI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen Untuk Kelas X SMA). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Penerapan Pendekatan Investigasi dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share u2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa SMA, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, salah satunya ialah pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajarn kooperatif tipe think pair share (tps). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kragilan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari enam kelas yang ada, yakni kelas X-3 sebagai kelas ekperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan investigasi dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorASIH VIVI YANDARI, INDHIRA196906292003122001
Thesis advisorIHSANUDIN, IHSANUDIN197902162010121001
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Investigasi, Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Penalaran Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 13:24
Last Modified: 13 Apr 2022 13:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item