Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DENGAN METACOGNITIVE GUIDANCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMA

KENCANA WATI, LANGGENG (2015) PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DENGAN METACOGNITIVE GUIDANCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN ILMIAH DEGAN METACOGNITIVE GUIDANCE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN DISPOSIS.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematik siswa. Hasil PISA menunjukkan bahwa rata-rata skor literasi matematik siswa Indonesia 375 sementara rata-rata skor negara peserta 494 yang menunjukkan bahwa prestasi literasi matematik siswa Indonesia dibandingkan dengan anak-anak lain di dunia masih rendah. Hal ini didukung oleh hasil studi pendahuluan dengan memberikan soal literasi matematik yang dilaksanakan di salah satu SMA Swasta di Kabupaten Tangerang menunjukkan bahwa nilai rata-rata literasi matematik dari 25 siswa sebesar 56,14 dengan SMI 100,00. Pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah dengan metacognitive guidance merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan literasi dan disposisi matematik siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan literasi dan disposisi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah dengan metacognitive guidance dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan ilmiah. Penelitian dilaksanakan pada salah satu SMA Swasta di Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2014/2015 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Sampel pada penelitian ini dipilih secara purposive sampling dengan memilih dua kelas dari seluruh siswa kelas X yaitu kelas X.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan literasi dan disposisi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah dengan metacognitive guidance lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan ilmiah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNINDIASARI, HEPSI197803212005012002
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Ilmiah dengan Metacognitive Guidance, Literasi Matematik, Disposisi Matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 13:18
Last Modified: 13 Apr 2022 13:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12446

Actions (login required)

View Item View Item