SUPRIATINI, META (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN Team Assisted Individualization DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP AL-A’Raaf Cilegon Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN Team Assisted Individualization.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hal ini dapat disebabkan kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, digunakan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan menggunakan pendekatan scientific, pembelajaran yang mengombinasikan antara keunggulan pembelajaran kooperatif dan individu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-A’Raaf Cilegon Tahun Ajaran 2014/2015 dengan dua kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik sampling menggunakan teknik cluster random sampling dan instrumen penelitiannya adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran TAI dengan menggunakan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran scientific dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran TAI dengan menggunakan pendekatan scientific lebih signifikan dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran scientific serta sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran TAI denganmenggunakan pendekatan scientific berkriteria sangat kuat.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Scientific, Team Assisted Individualization. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 13:04 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 13:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12437 |
Actions (login required)
View Item |