Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN Team Assisted Individualization DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP AL-A’Raaf Cilegon Tahun Ajaran 2014/2015)

SUPRIATINI, META (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN Team Assisted Individualization DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMP AL-A’Raaf Cilegon Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN Team Assisted Individualization.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, hal ini dapat disebabkan kurangnya ketertarikan siswa terhadap pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP, digunakan pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan menggunakan pendekatan scientific, pembelajaran yang mengombinasikan antara keunggulan pembelajaran kooperatif dan individu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-A’Raaf Cilegon Tahun Ajaran 2014/2015 dengan dua kelas diambil sebagai sampel yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 25 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik sampling menggunakan teknik cluster random sampling dan instrumen penelitiannya adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran TAI dengan menggunakan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran scientific dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran TAI dengan menggunakan pendekatan scientific lebih signifikan dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran scientific serta sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran TAI denganmenggunakan pendekatan scientific berkriteria sangat kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Thesis advisorSUDIANA, RIA198101302008121001
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Scientific, Team Assisted Individualization.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 13:04
Last Modified: 13 Apr 2022 13:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12437

Actions (login required)

View Item View Item