Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di MTs N Ciruas Kota Serang)

ROHMAN, JIAU (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di MTs N Ciruas Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

This research is motivated by the lack of ability of mathematical representations junior high school students when learning mathematics so needed a learning approach that is able to improve the ability of mathematical representation. One approach to learning that can be used is the RME approach. This study aims to determine: (1) Mathematical representation ability of students who get a math learning using RME and scientific approach is better than students who had learning approach scientific; (2) Increased ability mathematical representation of students who get math learning using RME and scientific approach is better than students who had learning approach scientific; (3) Learning activities of students towards learning mathematics using RME approach. The method used is a quasi-experimental method with the entire population of eighth grade students MTsN Ciruas. Sampling was done by cluster random sampling technique . The results showed: (1) Mathematical representation ability of students who get a math learning using RME and scientific approach is better than students who had learning approach scientific; (2) Increased ability mathematical representation of students who get math learning using RME and scientific approach is better than students who had learning approach scientific; (3) Learning activities of students towards learning mathematics using RME approach very well .

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorASIH VIVI YANDARI, INDHIRA196906292003122001
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMP saat pembelajaran matematika sehingga diperlukan adanya suatu pendekatan pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan yaitu pendekatan RME. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific; (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific; (3) Aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME dengan pendekatan scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII MTs N Ciruas. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific; (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific; (3) Aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan pendekatan RME dengan pendekatan scientific berkriteria baik sekali.
Uncontrolled Keywords: Realistic Mathematic Education (RME), Approach Scientific, Ability Representation, and Activity Learning Realistic Mathematic Education (RME), pendekatan scientific, Kemampuan Representasi, dan Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 13:00
Last Modified: 13 Apr 2022 13:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12436

Actions (login required)

View Item View Item