Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 1 Waringinkurung Tahun Pelajaran 2014/2015)

FAUZIAH, NASIROTUL (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Studi Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 1 Waringinkurung Tahun Pelajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Kom~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mulai diberlakukannya kurikulum 2013 dan rendahnya kemampuan komunikasi matematis yang dimiliki siswa saat ini. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific apabila dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa dan sikap siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Waringinkurung tahun ajaran 2014/2015, dengan kelas VIII B dan VIII E sebagai sampel penelitiannya. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari instrumen tes berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan instrumen nontes berupa angket sikap siswa. Dari hasil uji-t satu pihak, disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Dari uji Mann-Whitney diperoleh hasil yaitu peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Sikap siswa setelah mendapatkan pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan pendekatan scientific dikategorikan positif terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Thesis advisorJAENUDIN, JAENUDIN197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Investigasi Kelompok, Komunikasi Matematis, Pendekatan Scientific
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 12:54
Last Modified: 13 Apr 2022 12:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item