Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen)

AGUSTINE, FRISKILA (2015) PENERAPAN MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Suatu Penelitian Kuasi Eksperimen). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL TREFFINGER DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATE2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP N 220 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran model Treffnger dengan pendekatan scientific dan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 220 Jakarta. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari lima kelas yang ada, yang terpilih kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dengan mnggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan skala kemandirian belajar dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) pencapaian akhir kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model treffnger dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific, (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran model treffinger dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific, (3) pencapaian akhir kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran model treffinger dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific, (4) peningkatan kemandirian belajar siswa yang mendapatakan pembelajaran model treffinger dengan pendekatan scientific lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Model Treffinger dengan Pendekatan scientific, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 12:49
Last Modified: 13 Apr 2022 12:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item