Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 3 Tangerang

Farhana, Nurfika (2015) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS III SD Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Perumnas 3 Tangerang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Objective of this research is to know picture of students’ result and activity in learning Science by using project based learning project. This research use class action research that conducted in two cycles, each cycle consists of planning, implementation, observation, and reflection. Data collecting method in this research using objective multiple choice test that conducted in the end of both cycles, interview and documentation. According to the research that conducted on the end of both cycles, there is a rising in students’ results. On first cycle students result have average score of 77 percent with success indicator percentage of 74%, while on second cycle students’ result rising and reach average score of 82 with success indicator percentage of 97%. The conclusion from this research declare that project based learning model can raise students result in Science learning in class III SDN Perumnas 3 Tangerang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHENDRACIPTA, NANA19701092005011002
Thesis advisorDAMANHURI, DAMANHURI198203032006041004
Additional Information: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran hasil dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model project based learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes objektif pilihan ganda yang dilakukan pada setiap akhir siklus, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada setiap siklusnya terdapat peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus pertama hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 77 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 74%, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa naik mencapai ratarata sebesar 82 dengan persentase indikator keberhasilan sebesar 97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas III SDN Perumnas 3 Tangerang
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning Model, Students’ Result, Science Subject. Model Project Based Learning, Hasil Belajar Siswa, IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 12:39
Last Modified: 13 Apr 2022 12:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12429

Actions (login required)

View Item View Item