Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMPN 8 Kota Serang)

KING AUGUST PURBA, TOGI (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas VIII di SMPN 8 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

This research was motivated by the low of mathematical problem solving ability of junior high school student when math learning therefore it has been needed a learning model that able to increase problem solving ability. One of learning models that can be used is Problem Centered Learning (PCL) model with scientific approach. This study aims to determine: Mathematical problem solving ability of student that use PCL model with scientific approach better than that use learning with scientific approach; Mathematical problem solving improvement of student that use PCL model with scientific approach better than learning with scientific approach; What is the student attitude regarding math learning used PCL model with scientific approach. The method used is a quasi-experimental method with population of eighth grade students of SMPN 8 Kota Serang. Sampling was conducted through cluster random sampling technique. The results shows: Students’ Mathematical problem solving ability of student that use PCL model with scientific approach is better than learning with scientific approach; Mathematical problem solving improvement of student that use PCL model with scientific approach is better than learning with scientific approach; The student attitude regarding math learning use PCL model with scientific approach included strong in intepretation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMARETHI, INDIANA197903312005012001
Thesis advisorSUDIANA, RIA198101302008121001
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP saat pembelajaran matematika sehingga diperlukan adanya suatu model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model Problem Centered Learning (PCL) dengan pendekatan scientific. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PCL dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan scientific; Peningkatan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PCL dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan scientific; Bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran PCL dengan pendekatan scientific. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 8 Kota Serang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PCL dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan scientific; Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PCL dengan pendekatan scientific lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan scientific; Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran PCL dengan pendekatan scientific termasuk dalam interpretasi kuat.
Uncontrolled Keywords: Ability, PCL, Scientific. Kemampuan, PCL, Scientific.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 12:05
Last Modified: 13 Apr 2022 12:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12412

Actions (login required)

View Item View Item