NULIYANI AHLABIYAH, MILLAH (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada siswa kelas VII di SMPN 1 Kronjo). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PENERAPAN MDEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMAT~1.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan baik adalah model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, (2) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, (3) Bagaimana aktivitas siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen pada pokok bahasan segi empat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kronjo tahun ajaran 2013/2014 dan mengambil dua kelas sebagai sampel dari jumlah kelas VII yang ada. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran RTE lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran RTE lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (3) Aktivitas siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange dari presentase yang diamati yaitu 92,9% dengan interpretasi sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Rotating Trio Exchange ( RTE), komunikasi matematis. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 12:02 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 12:02 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12410 |
Actions (login required)
View Item |