Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MTS (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu MTs Negeri di Kota Serang)

Farda Ferdyanti, Nadya (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MTS (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu MTs Negeri di Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMEMPUAN B.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan pentingnya kemandirian belajar pada siswa MTs. Hasil wawancara yang dilakukan di salah satu MTs Negeri di Kota Serang menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis yang masih rendah dan kemandirian belajar yang masih dianggap tidak penting. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu MTs Negeri di Kota Serang tahun ajaran 2014/2015 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Penelitian ini mengambil dua sampel secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran reflektif dengan pendekatan saintifik lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNINDIASARI, HEPSI197803212005012002
Thesis advisorJAENUDIN, JAENUDIN197901072009121003
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Reflektif, Pendekatan Saintifik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:53
Last Modified: 13 Apr 2022 11:53
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item