Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Salah Satu SMP Negeri Kabupaten Pandeglang)

RACHMAWATI, ERFA (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Salah Satu SMP Negeri Kabupaten Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN P.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dikarenakan minimnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan siswa terbiasa bergantung pada penjelasan guru tanpa mau melakukan kegiatan matematika untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa adalah Project Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun hasil penelitian yang diperoleh setelah diimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning, untuk hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol secara signifikan dalam kategori sedang, sedangkan untuk hasil tes skala akhir kemandirian belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dalam kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa setelah diimplementasikan pembelajaran dengan model Project Based Learning pada siswa kelas eksperimen kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa lebih baik daripada kelas kontrol

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNINDIASARI, HEPSI197803212005012002
Thesis advisorIHSANUDIN, IHSANUDIN197902162010121001
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis, kemandirian belajar, Project Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 11:50
Last Modified: 13 Apr 2022 11:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item View Item