Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (Suatu Penelitian Pengembangan)

FAUZI, ACHMAD RYAN (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (Suatu Penelitian Pengembangan). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA PADA POKO~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman konsep dan self efficacy dalam pembelajaran matematika. Kemampuan konsep merupakan kemampuan siswa dalam menerjemahkan, menafsirkan, dan menyimpulkan konsep matematis sedangkan Self Efficacy adalah perasaan, keyakinan, persepsi, kepercayaan terhadap kemampuan mengatasi suatu situasi tertentu yang nantinya akan berpengaruh pada cara individu mengatasi situasi. Salah satu strategi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan self efficacy adalah dengan komik interaktif. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Uji skala terbatas dilakukan pada 9 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kragilan, sedangkan uji lapangan dilakukan pada 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kragilan. Data penelitian diperoleh dengan diberikan sebelum dan setelah menggunakan tes pemahaman konsep dan angket self efficacy yang diberikan sebelum dan setelah menggunakan komik interaktif. Pengolahan data angket menggunakan skala likert. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan pemahaman konsep antara sebelum dan setelah menggunakan komik interaktif, dengan gain atau rata-rata peningkatan pemahaman konsep pada uji lapangan sekitar 0,46. Untuk aspek self efficacy rata�rata kenaikan sekitar 3,89% pada uji lapangan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiani, Yani197608212008012010
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Komik Interaktif, Pemahaman Konsep, Self Efficacy, dan Penelitian Pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:07
Last Modified: 18 Jul 2022 10:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12401

Actions (login required)

View Item View Item