Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI BIOLOGI SMA KELAS XI PADA KONSEP SEL

RISMIATI, RISMIATI (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI BIOLOGI SMA KELAS XI PADA KONSEP SEL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MULTIMEDIA INTERAKTIF MATERI BIOLOGI SMA KELAS XI PADA KON.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

The present research is aimed to develop an interactive multimedia for eleventh grade students on cell concept. This research is conducted at SMA Negeri 2 Kota Serang and SMA Negeri 5 Kota Serang of 2013/2014 academic year. This research is designed on Research and Development (R&D) method by purposive sampling technique. The data are collected by using objective test feasibility, media feasibility, and questionnaire. The result shows that score of designe media expert feasibility is 2,54 with very good category, score contents of subjects expert feasibility is 2,72 with very good category, and score of computer expert feasibility is 2,00 with very good category. The result shows that average scores of students responses is 80% with good category, it can be concluded that development of interactive learning media on cell concept revealed very good and can be used in the learning process in school.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila H, Mila197509192003122002
Thesis advisorFirdaus, Najmi198003112005011002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif materi biologi SMA Kelas XI Pada Konsep Sel. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Serang dan SMA Negeri 5 Kota Serang tahun ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengumpulan data menggunakan uji kelayakan soal, uji kelayakan media dan angket siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai uji ahli desain media sebesar 2,54 dengan kategori sangat layak, uji ahli bidang studi sebesar 2,72 dengan kategori sangat layak dan uji ahli komputer sebesar 2,00 dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian pada uji coba terbatas diperoleh nilai rata-rata respon siswa sebesar 80% dengan kategori baik, hal tersebut menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif pada konsep sel dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan pada proses pembelajaran di sekolah
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Media Interaktif, Multimedia, Sel
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 13:07
Last Modified: 18 Jul 2022 10:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12399

Actions (login required)

View Item View Item